Pengertian PLC Beserta Penerapannya

penerapan PLC

Di era modern ini dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih banyak produksi di bidang industri yang menggunakan sistem otomatisasi dengan PLC. Anda yang pernah mendengar tentang istilah ini mungkin bertanya-tanya apa sebenarnya pengertian PLC dan penerapannya dalam bidang industri seperti yang dimaksudkan.

Untuk mencoba sistem otomatisasi, diperlukan komponen-komponen krusial lainnya dan salah satu di antaranya adalah PLC ini. Adanya PLC atau Programmable Logic Controller membuat proses produksi menjadi cepat dan pastinya lebih ringan bagi para pekerja.

Apa yang Dimaksud dengan PLC?

Programmable Logic Controller didefinisikan sebagai ‘otak’ pada sebuah sistem otomatisasi. Karena ini merupakan sebuah program khusus yang memang didesain untuk mengatur sejumlah aktivitas produksi. Cara kerja dari PLC memang sangat rumit. Namun, secara sederhananya sistem ini memproses informasi yang didapat dari perangkat input dan menampilkan hasilnya melalui perangkat output.

PLC juga telah diterapkan di semua segmen industri mulai dari bidang otomotif, pengolahan makanan, pabrik kimia, sampai pada pembangkit listrik. Hal ini dikarenakan kegunaannya yang tak bisa dibilang sedikit seperti melakukan kontrol kecepatan running belt, pengecekan hasil produksi, sampai pada mendeteksi anomali yang tidak semestinya.

Bagaimana Penerapan PLC Dalam Industri?

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa penerapan PLC dalam berbagai industri sudah sangat luas. Berikut penjelasan lengkapnya!

Penerapan PLC Untuk Industri Kertas

Dalam industri kertas, PLC mampu mengontrol mulai dari operasional blending dari bahan pembuatan kertas. Kemudian melakukan kontrol dalam sistem persiapan stok sampai mengendalikan proses dalam membuat bubur kertas itu sendiri.

Penerapan PLC Untuk Industri Otomotif

Sementara itu pada industri otomotif sendiri penerapan PLC dapat dimulai dari monitoring mesin produksi. Di mana sistem nantinya akan memonitor peletakan komponen sampai mendeteksi mana saja komponen yang tidak layak atau cacat. Kemudian juga melakukan pengujian terhadap produksi komponen, quality checking dan lain-lain.

Penerapan PLC Untuk Industri Karet

Programmable Logic Controller juga dapat diterapkan pada industri karet salah satunya dalam produksi ban karet yang sangat populer. Tentu saja sistem nantinya akan mengontrol semua proses yang dilakukan dari awal hingga akhir yaitu sampai menjadi ban yang sampai ke tangan masyarakat dan digunakan secara luas di berbagai kendaraan.

Ada banyak hal yang akan dikontrol oleh sistem mulai dari pencetakan pola, membentuk ukuran ban yang sesuai, pengetesan durabilitas hingga cetakan timbul pada ban tersebut. Jadi, penerapan PLC memang tidak main-main dan banyak sekali kegunaannya yang dapat membantu para pekerja di industri yang bersangkutan.

Jadi, kini Anda sudah paham bukan tentang pengertian PLC beserta penerapannya yang sangat berpengaruh dan menjadikan segala produksi barang jadi lebih cepat. Kecanggihan teknologi memang telah berkembang dengan begitu pesat demi memudahkan segalanya. Namun jika Anda membutuhkan bantuan dalam pembuatan program PLC Anda dapat menghubungi ratech nusantara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Konsultasi klik disini